7 Sungai Terpanjang di Indonesia

#7 Sungai Bengawan Solo
Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang yg ada di Pulau Jawa (namun bukan terpanjang di Indonesia ya gan). Panjang sungai ini mencapai 548 km. Hulu sungai ini berada di daerah Pegunungan Kidul, Wonogiri (Jawa tengah) dan bermuara di Gresik (Jawa Timur). Adapun daerah yg dilewatin sungai ini mulai dari Wonogiri, Pacitan, Sukoharjo, Klaten, Surakarta, Sragen, Ngawi, Blora, Magetan, Madiun, Bojonegoro, Tuban, Lamongan dan akhirnya Gresik.
#6 SUNGAI MAMBERAMO
 
Sungai Mamberamo merupakan sungai terpanjang di Papua, dengan total sepanjang 670 km. Sungai ini ada di Kabupaten Sarmi. Sungai ini punya potensi listrik bertenaga air terbesar di Indonesia dan bio etanol yg melimpah ruah gan. Kondisi geologinya juga sarat akan bahan galian seperti emas, tembaga, bauksit dan nikel. Jadi nggak heran kalo sungai ini disebut-sebut sebagai AMAZON-nya Indonesia.
#5 SUNGAI MUSI
Sungai Musi disebut juga sebagai Batanghari Sembilan, yg artinya Sembilan Sungai Besar. Panjang sungai ini mencapai 750 km dan membelah Provinsi Sumatera Selatan dari arah timur ke barat termasuk membelah kota Palembang. Kalo jembatan yg membelah Sungai Musi ini namanya Jembatan Ampera gan. Jembatan ini panjangnya lebih dari 1 km dan lebar kurang lebih 22 m. Diresmi’in sama presiden RI yg pertama dan bahkan menjadi jembatan terbesar pada masa itu.
#4 SUNGAI BATANGHARI
 
Sungai Batanghari merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatera dengan total panjang mencapai 800 km. Sungai yg ada di Provinsi Jambi ini sebenernya potensial dijadiin “river cruise” alias pesiar sungai. Kan keren tuh gan, sore-sore sambil nikmatin sunset naek pesiar di atas sungai. Cuman sayangnya belom ada pegelolaan yg mantap.
#3 SUNGAI BARITO
 
Sungai Barito merupakan sungai terpanjang ketiga di Indonesia dengan total panjang 900 km gan. Sungai ini ada di Provinsi Kalimatan Selatan. Satu hal yg unik dari sungai ini adalah kegiatan pasar terapung. Jadi transaksi antara penjual dan pembeli terjadi di atas perahu-perahu kecil gitu. Ane pernah ke Banjarmasin tp belom liat sungai dan aktivitas pasar terapung ini gan, one day maybe.
#2 SUNGAI MAHAKAM
 
Nah, kalo yg ini sungai di kota ane gan yaitu Sungai Mahakam. Sungai sepanjang 920 km ini punya hulu di Kecamatan Long Apari (di Kab. Kutai Barat sana gan) dan bermuara di Selat Makassar. Sebenernya kalo dikelola dengan maksimal, bukan mustahil wisata pesiar juga bisa dieksplor dari sungai ini. Soalnya makin ke hulu makin eksotis gan. Dulu, di sungai ini ada satwa yg dilindungi yaitu lumba-lumba air tawar atau lebih dikenal dengan Ikan Pesut. Tapi sekarang sepertinya udah jarang banget ditemuin gan, ane aja puluhan taon hidup di Samarinda belom pernah liat sosok aslinya ikan pesut mahakam seperti apa. Kalo di Samarinda, Sungai Mahakam ini membelah Samarinda dengan Samarinda Seberang.
 
#1 SUNGAI KAPUAS
 Dan sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas. Sungai yg ada di Provinsi Kalimantan Barat ini punya total panjang 1.178 km. Sungai yg juga dikenal dengan nama Sungai Batang Lawai ini merupakan urat nadi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Dayak dan Melayu yg tinggal di sepanjang aliran sungai ini gan.

39 responses to “7 Sungai Terpanjang di Indonesia

  1. Those that is going to retain the strategy via an enemy, determine it again by way of the partner. rueducommerce http://ruezee.com/

  2. dbk anastrozole vs letrozole anastrozole cost, anastrozole steroid

  3. ain arimidex versus generic anastrozole buy anastrozole online, side effects of arimidex anastrozole

  4. anastrozole side effects men http://cojswknr.com – anastrozole tab 1mg klm anastrozole children

  5. anastrozole science http://cojswknr.com – buy anastrozole online dad anastrozole patient reviews

  6. wuh where to buy anastrozole – http://qambucmfbi.com, anastrozole reviews, does anastrozole cause weight gain

  7. pix anastrozole 1 mg tablet – uses for anastrozole, anastrozole and fulvestrant

  8. lmm anastrozole price – side effects of arimidex anastrozole, anastrozole drops

  9. makasihh….
    tp kurang lengkap…:(

  10. wah kalo saya lebih suka sungai bengawan solo by aldi bagus kusuma

  11. kontol apa gan gan

  12. sebenarnya sungai tadi agak bagus klo ingin bagus cari sungai yang panjang dan besar

  13. makasih sudah kasih tau saya😀

  14. ternyata alam indonesia itu indah ya klo di lihat dari sungai sungai besar ini yang belum di kelola secara maksimal.. seandainya para penghuni negeri ini sadar akan limpahan nikmat Allah dan mengelola dengan benar niscaya indonesia ini jaya, tapi sayang seribu sayang hanyalah angan angan kosong belaka

  15. sangat bangga negara kita punya terpajang 1143 km punya2 kenangan indah di pulau tayan dari pasar piasak nyebrang ke pasar kawat pas tengah sungai gelap ada kabut nyasar deh

  16. sok tau cok,,
    emang km pernah ukur,,???

  17. bagus sekali sunga sungai yang ada digoogle ini mudah mudahan sunga sungai ini bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar

  18. Indonesia hebat …….

  19. gue setuju dgn jawaban kalian

  20. Ga jelas juga..sungai kapuas terletak di kalimantan tengah.

  21. Semoga semuanya di mengerti

  22. Keindahan alam memang benar-benar indah… Tuhan yang maha pencipta tak satu pun kekurangan…

  23. Mencari gua yg ada di indonesia

  24. Sy galank mau komentar tentang

  25. kenapa tidak ada sungai di indonesia

  26. sungainya panjang sekali

  27. Ping-balik: Pesut yang Menakjubkan dari Sungai Mahakam | News n Info

  28. Saya sangat terkesan denga sungai sungai yang ada di indonesia

  29. panjang jembatan sungai musi benarkah sampai 1km?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s