Pertemuan – UAS

APLIKASI PERHITUNGAN DAN PEMBAYARAN PERUSAHAAN AIR MINUM DAERAH(PDAM) KAB.BANYUWANGI DENGAN MENGGUNAKAN PEMOGRAMAN DAN ALGORITMA METHOD FUNCTION DAN PARAMETER

Ni Made Putri Widiastuti

Jurusan Teknik Informatika, Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (STIKOM) Banyuwangi

Jln.Jend.A.Yani No.80 Banyuwangi-Jawa Timur

Telp.: (0333)-7700669;Fax.: (0333)-417902

Email: stikom.banyuwangi@yahoo.co.id

Abstraksi

Method adalah bagian dari tubuh program yang mengimplementasikan suatu action sehinggga class atau object dapat bekerja. Method diimplementasikan didalam class dan menyediakan informasi tambahan yang mana class tidak dapat menangani sendiri.

Function adalah salah satu teknik modular, yaitu teknik untuk memecah program yang besar menjadi bagian bagian yang sistematis, tujuan utama dari function itu sendiri adalah untuk mempermudah programer dalam mendevelop software. Dalam suatu permasalahan kadang kita menemukan sebuah problem dimana fucntion yang dibuat mempunyai return value lebih dari satu, seperti kita kenal sekarang ini bahwasanya function jika direturn akan mengembalikan single value.

Ada banyak cara agar function yang dubuat mempunyai return value lebih dari satu, teknik dasarnya adalah merubah type return value dari type data primitif(string, int, double, float, dll) menjadi type data bentukan(array,stcut,list,kelas/object). disini akan dibahas bagaimana sebuah function direturnkan menggunakan type data struct. Sebelumnya perlu diketahui bahwa struct dan array itu berbeda, jika array adalah type data bentukan dengan  type data primitif yang mempunyai type data sama, sedangkan struct adalah type data bentukan yang mempunyai type data yang berbeda beda.

Pamameter dan Variabel adalah tempat penampung data. Variabel biasanya berada pada memori komputer. Isi variabel dapat berubah-ubah tergantung pada data yang dimasukkan. Pada C# ada variabel yang digunakan untuk menampung nilai dinamis dan statis. Untuk menampung nilai yang tetap atau statis  ini dinamakan dengan konstanta.

Katakunci=C#(Sharp),Function,Method,Parameter.

1.Pendahuluan

Pada zaman sekarang perusahaan air minum daerah yang kita kenal dengan singkatan PDAM di seluruh indoesia sangat berkembang baik dalam memajukan pelayanan pelanggan dalam pembayaran serta perhitungan dengan pemograman,karena era sekarang sangat di perlukan dalam memajukan pelayanan berbasis system informasi yang canggih.

Kenyataannya dalam zaman sekarang masih ada kekurangan dalam memujkan kualitas dan kuantitas pelayanan pelanggan dengan pembayaran yang baik,karena belum masih bersystem Android dan berbasis SMS gateway yang bisa membayar di mana saja tanpa harus datang ke loket-loket dan kantor-kantor PDAM setempat. Hal ini perlu di perhatikan dengan baik dan cepat.

Sehingga dalam memenuhi kapasitas sumber daya manusia yang berkualitas di perlukan penanaman dan kedisiplinan dalam memahami ilmu Teknologi dan Informasi yang baik,agar dapat memajukan system informasi yang mukhtahir.

2.Teori Penunjang

2.1.Visual C Sharp

Visual Basic C Sharp atau Microsoft Visual Basic 2008 adalah program untuk membuat aplikasi microsoft windows secara cepat dan mudah. Visual Basic menyediakan tool untuk membuat aplikasi yang sederhana sampai aplikasi kompleks atau rumit baik untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan perusahaan/instansi dengan sistem yang lebih besar. (Sunyoto 2007, h.1)

Menurut Geogre M. Scott (2004, p219) program aplikasi adalah program yang ditulis untuk melaksanakan tugas khusus dari pengguna.
Definisi aplikasi lainnya menurut Abdul Kadir (2003, P204) adalah program yang dibuat oleh pemakai yang ditujukan untuk melakukan suatu tugas khusus.
Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa aplikasi adalah suatu program yang melakukan suatu tugas khusus yang ditujukan kepada pengguna atau pemakai.

2.2.Function

function dalam program C# memiliki beberapa sifat seperti di bawah ini.Setiap fungsi memiliki nama yang unik. Suatu fungsi dapat dipanggil dari dalam fungsi lain.Fungsi adalah independen dan dapat melakukan tugas dari bagian lain dari program.Fungsi melakukan tugas tertentu. Sebuah tugas adalah pekerjaan yang berbeda dari suatu program yang Anda buat  dan melakukan bagian dari keseluruhan operasi, seperti menambahkan dua atau lebih bilangan bulat, sort array ke dalam urutan numerik, atau menghitung akar pangkat dll

Fungsi mengembalikan nilai ke program yagn memanggil. Ini adalah opsional dan tergantung pada tugas fungsi yang Anda akan capai. Misalkan Anda hanya ingin menampilkan beberapa baris melalui fungsi maka dalam hal ini function tidak perlu untuk mengembalikan nilai. Tapi jika Anda menghitung luas persegi panjang dan ingin menggunakan hasildariperhitungan ini dalam program maka Anda harus mengirim kembali nilai fungsi keprogram yang memanggil.

2.3.Method

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

2.4.Parameter

Pada C# kita dapat mendefinisikan variable atau parameter dimana saja, tetapi biasanya variabel diletakkan di bagian atas suatu procedure. Variabel pada C# umumnya menggunakan huruf kecil, hal ini untuk menghindari kesalahan karena C# adalah bahasa yang case sensitif, yang artinya huruf kecil dan huruf besar berbeda yang berarti apabila pada saat deklarasi kita menggunakan huruf besar tetapi dalam penggunaan di dalam pogram kita tulis dengan huruf besar, maka akan terjadi kesalahan. Pemberian nama varaibel juga sebaiknya disesuaikan dengan pengguanaan-nya

3.Diagram Method

Gambar di bawah menunjukkan proses diagram method secara keseluruhan mulai dari perhitungan harga permeter pada meteran air dan biaya-biaya lainya,proses selanjutnya adalah memasukkan(input) angka,proses angka yang di ketahui,seleksi angka untuk menunjukkan hasil dalam perhitungan,keluar(output) hasil akhir dari angka dan jumlah,sehingga dapat di ketahui dengan pasti

1

4.Diagram Fuction dan Parameter

4.1.Input function dan Parameter          24.2.Function dan Parameter
3
4.3.fuction dan Parameter Seleksi
4

4.4.Fuction dan Parameter Denda

5

4.5.Function dan parameter  Output

 

6 5.Hasil pemograman dan pembahasan

 Hasil pengujian proses method,parameter, dan function dengan menggunakan pemograman yang dibuat dengan C# (CSharp) dari input sampai dengan ouput pemograman bisa dilakukan dengan baik dan lengkap seperti gambar di bawah ini:
7

76.Kesimpulan

Method,Di bahasa pemrograman C# yang konsepnya object oriented ini ada salah satu fitur unik namanya extension method, fitur ini memungkinkan kita membuat method tambahan untuk sebuah class tapi didefinisikan dari luar class tersebut. Manfaat dari fitur ini contohnya jika kita ingin menambahkan method pada sebuah class tapi tidak kita punya source class tersebut untuk direcompile. Namun seiring konsep enkapsulasi pada OOP, method yang dibuat di luar ini tidak bisa memanggil private variable dan  atau method dari class yang diextend karena sifat fitur ini sebagai syntactic sugar sehingga walaupun di kode dipanggilnya seperti method biasa tapi sebenarnya manggil static method dari static class lain dimana ia kesimpulan.

Untuk menggunakannya, tipe class yang mendefinisikannya dan jenis methodnya harus static dengan parameter pertama diawali keyword “this” diikuti nama class yang ingin diextend. Sebagai contoh method di bawah ini saya ingin menambahkan method ToAlay() pada setiap instance dari object string.

Fuction, didalam bahasa pemrograman pasti mengenal yang namanya function dan procedure. fungsi utama dari function dan procedure adalah untuk memudahkan para programer dalam memanage source code mereka. jadi tidak terjadi pemborosan source code, dengan function maupun dengan procedure, source code yang harusnya ditulis berulang-ulang dapat disederhanakan.

Parameter, lokasi penyimpanan sementara dalam memory komputer. Anda bisamenempatkan data kedalam variabel dan mengambilnya kembali. Beberapa type variabeldalam C# yang sering digunakan adalah seperti int, string, bool, float, long, double, decimal

7.Daftar Pustaka :

Abdul Kadir 2003, P204,Definisi aplikasi komputer.

C Sharp :http://www.csharp-indonesia.com/

C #(Sharp) :http://www.csharp-indonesia.com/2010/11/function-dan-procedure-di-c-dan-c.html

Geogre M. Scott (2004, p219) Program aplikasi komputer

Media tutorial :http://www.mediatutorial.web.id/2012/12/memahami-properties-dan-polymorphism-csharp.html

PDAM Banyuwangi, www.pdambanyuwangi.co.id/berita-233-pengumuman-job-career.html

Scribd :http://www.scribd.com/doc/98852593/C

DOWNLOAD :  Word

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s