Array(1 Dimensi,Multi Dimensi)

 Array ( 1 dimensi , multi )

System Flow Control dengan menggunakan Array  untuk beberapa bahasa pemrograman di antaranya adalah Object Oriented Berbasis Java dan Object Oriented Berbasis Viasual Basic. Berikut Penjelasan Masing – Masing :

  1. A.  JAVA

Pengenalan Array

Dalam pendeklarasian variabel, kita sering menggunakan sebuah tipe data beserta nama variabel atau identifier yang unik. Apabila kita ingin menggunakan variabel tersebut, kita akan memanggil dengan nama identifier-nya.

Sebagai contoh, kita memiliki tiga variabel dengan tipe data int yang memiliki identifier berbeda untuk tiap variabel.


int number1;

int number2;

int number3;

number1 = 1;

number2 = 2;

number3 = 3;

Seperti yang dapat Anda perhatikan pada contoh diatas, kode tersebut akan sia-sia karena harus menginisialisasi dan menggunakan setiap variabel padahal sebenarnya variabel-variabel tersebut digunakan untuk tujuan yang sama. Pada bahasa pemrograman Java maupun di bahasa pemrograman yang lain, terdapat sebuah kemampuan untuk menggunakan satu variabel yang dapat menyimpan beberapa data dan memanipulasinya dengan lebih efektif. Tipe variabel inilah yang disebut sebagai array.

Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang memiliki tipe data sama didalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa ruang. Array adalah sebuah variabel/sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.

ARRAY

Dalam dunia pemrograman, sering kali terdapat data yang majemuk yang terhubung dalam satu domain tertentu, misalnya nama hari dalam satu minggu, nama komponen motor, komponen matriks, table, dan sebagainya.

Array merupakan tipe data terstruktur yang mampu menyimpan beberapa nilai data dengan tipe yang sama. Dengan demikian akan membuat program lebih efisien dalam hal penggunaan media penyimpanan dari pada dengan mendeklarasikan satu variabel untuk satu data.

Array bisa mempunyai dimensi lebih dari 1 (satu), yang biasa disebut array multi dimensi.

Array multi dimensi yang paling sederhana adalah array dua dimensi. Array dua dimensi biasanya digunakan untuk merepresentasikan nilai dari sebuah tabel. Informasi yang terkandung dalam array dua dimensi diatur pada baris dan kolom. Dengan demikian untuk mengidentifikasi tiap elemen array harus dispesifikasikan nilai baris dan kolom

Sebagai contoh simpel nya : Saya memakai kemeja dan celana yang terdapat 6 kantung. 2 kantung dibaju, dan 4 di celana. ditiap-tiap kantung terdapat benda yang berbeda (doku, hengpon, biji kedondong, dll). Berarti saya itu suatu data, dan barang-barang yang ada dikantung adalah nilai yang saya miliki (Array 1 dimensi).

Karena bahasa Java, C++, dan C# syntaxnya hampir sama, maka pengertian dibawah ini bisa digunakan utk ketiga bahasa diatas.

Mendeklarasikan Array Satu Dimensi

Adapun ekpresi yang digunakan untuk mendeklarasikan array satu dimensi adalah:

type[] name;

Type adalah tipe data dari array dan name adalah nama dari array, sedangkan tanda []  memberitahukan kepada program untuk membuat variabel array.

Contoh:

string[] namaBuah;

Pada contoh diatas kita membuat sebuah variabel array benama namaBulan bertipe string.

Meng-Initialize Array Satu Dimensi

Untuk memberikan nilai ke dalam variabel array dapat dilakukan dengan beberapa cara. Pertama dengan menggunakan keyword new untuk menentukan jumlah element yang  dapat disimpan oleh array yang dilanjutkan dengan memberikan nilai masing-masing element.


string[] namaKuda = new string[3];

namaKuda[0] = “Mark”;

namaKuda[1] = “Tom”;

namaKuda[2] = “Travis”;

Kedua dengan cara diinitialize dengan langsung memberi nilai pada saat deklarasi seperti ditunjunkan pada contoh berikut:


string[] namaKuda ={“Tom”,“Boy”,”Betmen”};

string[] namaKuda = new string[] {“Tom”,“Boy”,”Betmen”};

Jika menggunakan dua cara diatas ini maka jumlah elemen array ditentukan berdasarkan array initializer yang diberikan.

Pendeklarasian Array

Array harus dideklarasikan seperti layaknya sebuah variabel. Pada saat mendeklarasikan array, anda harus membuat sebuah daftar dari tipe data, yang diikuti oleh sepasang tanda kurung [], lalu diikuti oleh nama identifier-nya. Sebagai contoh,


int []ages;

atau Anda dapat menempatkan sepasangtandakurung [] sesudah nama <em>identifier</em>. Sebagai

contoh,

int ages[];

Pengaksesan sebuah Array

Untuk mengakses sebuah elemen dalam array, atau mengakses sebagian dari array, Anda harus menggunakan sebuah angka atau yang disebut sebagai indeks atau subscript.

Pada saat memasukkan nilai ke dalam array, sebuah nomor indeks atau subscript telah diberikan kepada tiap anggota array, sehingga program dan programmer dapat mengakses setiap nilai pada array apabila dibutuhkan. Nilai indeks selalu dalam tipeinteger, dimulai dari angkanol dan dilanjutkan ke angka berikutnya sampai akhir array. Sebagai catatan bahwa indeks didalam array dimulai dari 0 sampai dengan (ukuranArray-1).

Sebagai contoh, pada array yang kita deklarasikan tadi, kita mempunyai,

//memberikan nilai 10 kepada elemen pertama array

ages[0] = 10;

//mencetak elemen array yang terakhir

System.out.print(ages[99]);

Dengan sekarang Anda harus fasih dengan cara menggunakan variabel – setelah semua Anda telah datang sejauh ini dan Anda masih bersenang-senang, kan?

Mari kita sejenak, kembali program pertama kami menulis dengan variabel:


TextWindow.Write ("Masukkan Nama Anda:")
 name = TextWindow.Read ()
 TextWindow.WriteLine ("Hello" + name)
 

Dalam program ini, kami menerima dan menyimpan nama pengguna dalam nama yang disebut variabel. Lalu kemudian kita berkata “Halo” kepada pengguna. Sekarang, mari kita mengatakan ada lebih dari satu pengguna – mengatakan, ada 5 pengguna. Bagaimana kita menyimpan semua nama mereka? Salah satu cara untuk melakukan ini adalah:

 TextWindow.Write ("user1, masukkan nama:")
 name1 = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("User2, masukkan nama:")
 name2 = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("user3, masukkan nama:")
 name3 = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("User4, masukkan nama:")
 name4 = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("User5, masukkan nama:")
 name5 = TextWindow.Read ()

TextWindow.Write ("Halo")
 TextWindow.Write (name1 + ",")
 TextWindow.Write (name2 + ",")
 TextWindow.Write (name3 + ",")
 TextWindow.Write (name4 + ",")
 TextWindow.WriteLine (name5)

Jelas harus ada cara yang lebih baik untuk menulis seperti program yang sederhana, kan? Terutama karena komputer benar-benar baik dalam melakukan tugas yang berulang, mengapa kita harus repot-repot dengan menulis kode yang sama berulang-ulang untuk setiap pengguna baru? Kuncinya di sini adalah untuk menyimpan dan mengambil nama lebih dari satu pengguna menggunakan variabel yang sama. Jika kita bisa melakukan itu maka kita dapat menggunakan Untuk loop yang kita pelajari dalam bab-bab sebelumnya. Di sinilah array datang untuk membantu kami.
Apa array?

Array adalah jenis khusus dari variabel yang dapat menyimpan lebih dari satu nilai pada suatu waktu. Pada dasarnya, apa artinya adalah bahwa alih-alih harus membuat name1, name2, name3, name4 dan name5 untuk menyimpan lima nama pengguna, kita hanya bisa menggunakan nama untuk menyimpan nama semua lima pengguna. Cara kita menyimpan beberapa nilai adalah dengan menggunakan hal ini disebut “indeks.” Sebagai contoh, nama [1], nama [2], nama [3], nama [4] dan nama [5] semua dapat menyimpan nilai masing-masing . Angka 1, 2, 3, 4 dan 5 disebut indeks untuk array.

Meskipun nama [1], nama [2], nama [3], nama [4] dan nama [5] semua terlihat seperti mereka adalah variabel yang berbeda, mereka dalam kenyataannya semua hanya satu variabel. Dan apa keuntungan dari hal ini, Anda mungkin bertanya. Bagian terbaik dari menyimpan nilai-nilai dalam array adalah bahwa Anda dapat menentukan indeks menggunakan variabel lain – yang memungkinkan kita untuk dengan mudah mengakses array di dalam loop.

Sekarang, mari kita lihat bagaimana kita dapat menempatkan pengetahuan baru kami untuk menggunakan dengan menulis ulang program sebelumnya kami dengan array.


Untuk i = 1 Untuk 5
 TextWindow.Write ("Pengguna" + i + ", masukkan nama:")
 Nama [i] = TextWindow.Read ()
 Endfor

TextWindow.Write ("Halo")
 Untuk i = 1 Untuk 5
 TextWindow.Write (nama [i] + ",")
 Endfor
 TextWindow.WriteLine ("")

Jauh lebih mudah untuk membaca, bukan? Perhatikan dua garis tebal. Yang pertama menyimpan nilai dalam array dan yang kedua membacanya dari array. Nilai yang Anda simpan dalam nama [1] tidak akan terpengaruh oleh apa yang Anda simpan dalam nama [2]. Oleh karena itu untuk sebagian besar tujuan Anda dapat mengobati nama [1] dan nama [2] sebagai dua variabel yang berbeda dengan identitas yang sama.

Program di atas memberikan hasil yang hampir sama persis seperti satu tanpa array, kecuali untuk koma pada akhir Mantis. Kita bisa memperbaikinya dengan menulis ulang loop pencetakan sebagai:


TextWindow.Write ("Halo")
 Untuk i = 1 Untuk 5
 TextWindow.Write (nama [i])
 Jika i <5 Lalu
 TextWindow.Write (",")
 Endif
 Endfor
 TextWindow.WriteLine ("")
 

Pengindeksan array

Dalam program kami sebelumnya Anda melihat bahwa kami menggunakan angka sebagai indeks untuk menyimpan dan mengambil nilai-nilai dari array. Ternyata bahwa indeks tidak terbatas pada nomor adil dan dalam prakteknya itu sangat berguna untuk menggunakan indeks tekstual juga. Misalnya, dalam program berikut, kami meminta dan menyimpan berbagai potongan informasi tentang pengguna dan kemudian mencetak info bahwa pengguna meminta.


TextWindow.Write ("Masukkan nama:")
 pengguna ["name"] = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("Masukkan usia:")
 pengguna ["usia"] = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("Masukkan kota:")
 pengguna ["kota"] = TextWindow.Read ()
 TextWindow.Write ("Masukkan zip:")
 pengguna ["zip"] = TextWindow.Read ()

TextWindow.Write ("Apa informasi yang Anda inginkan?")
 Indeks = TextWindow.Read ()
 TextWindow.WriteLine (indeks + "=" + pengguna [index])
 

Lebih dari satu dimensi

Katakanlah Anda ingin menyimpan nama dan nomor telepon dari semua teman-teman Anda dan kemudian dapat lookup pada nomor telepon mereka kapanpun Anda membutuhkannya – agak seperti buku telepon. Bagaimana kita pergi tentang menulis program seperti?

Dalam hal ini, ada dua set indeks (juga dikenal sebagai dimensi array) yang terlibat. Asumsikan kita mengidentifikasi setiap teman dengan nama nick mereka. Ini menjadi indeks pertama kami di array. Setelah kita menggunakan indeks pertama untuk mendapatkan variabel teman kita, kedua indeks, nama dan nomor telepon akan membantu kami sampai ke nama sebenarnya dan nomor telepon dari teman itu.

Catatan: indeks Array tidak case sensitif. Sama seperti variabel biasa, array indeks pertandingan tidak harus sesuai dengan kapitalisasi yang tepat.

Cara kita menyimpan data ini akan menjadi seperti ini:


teman ["mad"] ["Nama"] = "Made"
teman ["mad"] ["Telepon"] = "0333-427887"

teman ["put"] ["Nama"] = "Putri"
teman ["put"] ["Telepon"] = "0333-415139"

teman ["wdia"] ["Nama"] = "Widiastuti"
teman ["wdia"] ["Telepon"] = "0333-417341"

Karena kita memiliki dua indeks pada array yang sama, teman-teman, array ini disebut array dimensi dua.

Setelah kami telah menetapkan program ini sampai, maka kita dapat mengambil sebagai masukan julukan seorang teman dan kemudian mencetak informasi yang telah kita simpan tentang mereka. Berikut program lengkap yang melakukan itu:

teman ["mad"] ["Nama"] = "Made"
teman ["mad"] ["Telepon"] = "0333-427887"

teman ["put"] ["Nama"] = "Putri"
teman ["put"] ["Telepon"] = "0333-415139"

teman ["wdia"] ["Nama"] = "Widiastuti"
teman ["wdia"] ["Telepon"] = "0333-417341"

TextWindow.Write ("Masukkan julukan:")
julukan = TextWindow.Read ()

TextWindow.WriteLine ("Nama:" + teman [julukan] ["Nama"])
TextWindow.WriteLine ("Telepon:" + teman [julukan] ["Telepon"])

3 responses to “Array(1 Dimensi,Multi Dimensi)

  1. Arnold Schwaznegger

    you ugly motherfucker

  2. sayayayayayayayaybfkbknghonb.gnmolb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s