Flow Control (IF,SWICTH)

Flow Control ( If, Switch )

System Flow Control dengan menggunakan If dan Switch untuk beberapa bahasa pemrograman di antaranya adalah Object Oriented Berbasis Java dan Object Oriented Berbasis Viasual Basic. Berikut Penjelasan Masing – Masing :

  1. A.   JAVA

Menggunakan BufferedReader untuk mendapatkan input

Pada bagian ini, kita akan menggunakan class BufferedReader yang berada di package java.io untuk mendapatkan input dari keyboard. Berikut ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari keyboard:

1.Tambahkan di bagian paling atas code Anda:

import java.io.*;

2.Tambahkan statement berikut:

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new InputStreamReader( System.in)     );

3.Deklarasikan variabel String temporary untuk mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:


String temp = dataIn.readLine();

}

catch( IOException e ){

System.out.println(“Error in getting input”);

}

Berikut ini adalah source code lengkapnya:

import java.io.BufferedReader;

import java.io.InputStreamReader;

import java.io.IOException;

public class GetInputFromKeyboard

{

public static void main( String[] args ){

<strong>BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new</strong>

<strong>InputStreamReader( System.in) );</strong>

String name = "";

System.out.print("Please Enter Your Name:");

<strong>try{</strong>

<strong>name = dataIn.readLine();</strong>

<strong>}catch( IOException e ){</strong>

<strong>System.out.println("Error!");</strong>

<strong>}</strong>

System.out.println("Hello " + name +"!");

<strong>}</strong>

}

Berikutnya akan penjelasan setiap baris dari code tersebut:

Statement,

import java.io.BufferedReader;

import java.io.InputStreamReader;

import java.io.IOException;

menjelaskan bahwa kita akan menggunakan class BufferedReader, InputStreamReader dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) berisi ratusan class yang sudah didefinisikan sebelumnya yang dapat digunakan untuk program Anda. Class-class tersebut dikumpulkan di dalam packages. Packages berisi class yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io  package mengandung class-class yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data. Pernyataan di atas juga dapat ditulis sebagai berikut,

import java.io.*;

yang akan mengeluarkan semua class yang berada dalam package, dan selanjutnya kita bisa menggunakan class-class tersebut dalam program kita. Dua statement selanjutnya,

public class GetInputFromKeyboard

{

public static void main( String[] args ){

kita sudah mempelajari pada pelajaran sebelumnya. Pernyataan ini mendeklarasikan class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan method main. Dalam statement,

BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new

InputStreamReader( System.in) );

kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe class BufferedReader. Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan menjelaskannya pada akhir pembahasan. Sekarang, kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,

String name = “”;

Pernyataan di atas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Nama variable diinisialisasi sebagai String kosong “”. Sebaiknya kita selalu menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.

Baris berikutnya adalah memberikan output sebuah String pada layar yang menanyakan

nama user.

System.out.print(“Please Enter Your Name:”);

Sekarang, blok di bawah ini merupakan try-catch block,


name = dataIn.readLine();

}catch( IOException e ){

System.out.println("Error!");

}

Pada baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada pernyataan,

name = dataIn.readLine();

akan ditangkap. Kita akan membahas tentang penanganan exception pada bab selanjutnya dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, Anda cukup mencatat bahwa Anda perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan method readLine() dari BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.

Selanjutnya kembali ke pernyataan,

name = dataIn.readLine();

method diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user,

System.out.println(“Hello ” + name + “!”);

Statement if

Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar(true)

Bentuk dari pernyataan if,


if( boolean_expression )

statement;

atau

if( boolean_expression ){

statement1;

statement2;

. . .

}

dimana, boolean_expression adalah sebuah penyataan logika (true/false) atau variable bertipe boolean.

Berikut ini adalah potongan kode dari pernyataan if:

int grade = 68;

if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");

atau

int grade = 68;

if( grade > 60 ){

System.out.println("Congratulations!");

System.out.println("You passed!");

}

Statement if-else

Pernyataan if-else digunakan apabila kita ingin mengeksekusi beberapa pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false.

Bentuk statement if-else,


if( boolean_expression )

statement;

else

statement;

dapat juga ditulis seperti,

if( boolean_expression ){

statement1;

statement2;

. . .

}

else{

}

statement1;

statement2;

Berikut ini contoh code statement if-else,

int grade = 68;

if( grade > 60 ) System.out.println("Congratulations!");

else System.out.println("Sorry you failed");

atau

int grade = 68;

if( grade > 60 ){

System.out.println("Congratulations!");

System.out.println("You passed!");

}

else{

}

System.out.println("Sorry you failed");

Statement if-else-if

Pernyataan pada bagian kondisi else dari blok if-else dapat menjadi struktur if-else yang lain. Kondisi struktur seperti ini mengijinkan kita untuk membuat seleksi persyaratan yang lebih kompleks.

Bentuk statement if-else if,


if( boolean_expression1 )

statement1;

else if( boolean_expression2 )

statement2;

else

statement3;

Sebagai catatan : anda dapat memiliki banyak blok else-if sesudah pernyataan if. Blok else bersifat opsional dan dapat dihilangkan. Pada contoh yang ditampilkan di atas, jika boolean_expression1 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement1 dan melewati pernyataan yang lain. Jika boolean_expression2 bernilai true, maka program akan mengeksekusi statement2 dan melewati statement3.

Statement switch

Cara lain untuk membuat cabang adalah dengan menggunakan kata kunci switch. Switch mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai.

Bentuk statement switch,


switch( switch_expression ){

case case_selector1:

statement1; //

statement2; //block 1

. . . //

break;

case case_selector2:

statement1; //

statement2; //block 2

. . . //

break;

. . .

default:

statement1; //

statement2; //block n

. . . //

Break

}

switch_expression adalah ekspresi integer atau karakter dan case_selector1, case_selector2 dan seterusnya adalah konstanta unik dari nilai integer atau karakter.

Ketika pernyataan switch ditemukan pada potongan kode program, java pertamakali akan memeriksa switch_expression, dan menuju ke case yang akan menyamakan nilai yang dimiliki oleh switch_expression. Selanjutnya program akan mengeksekusi pernyataan pada dari kode setelah case yang ditemukan sampai menemui pernyataan break, selanjutnya akan mengabaikan pernyataan yang lainnya hingga akhir dari struktur dari pernyataan switch.

Jika tidak ditemui case yang cocok, maka program akan mengeksekusi blok default. Sebagai catatan, bahwa bagian blok default adalah opsional. Sebuah pernyataan switch bisa jadi tidak memiliki blok kode default

C#


using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace praktikum_widy
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
string namaanda;
int Tinggibadan;
int Beratbadan;



Console.WriteLine("         ===Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita===     ");

Console.Write("masukkan nama anda=");
namaanda = Console.ReadLine();

Console.Write("Inputkan Tinggibadan = ");
Tinggibadan = Convert.ToInt16(Console.ReadLine());


Console.Write("Inputkan Beratbadan = ");
Beratbadan = Convert.ToInt16(Console.ReadLine());


Beratbadan= Tinggibadan - 100;

if (Beratbadan > 50)//kondisi
{
Console.Write("Tidak Ideal");//statement 1
}
else
{
Console.Write("Ideal");//statement 2
}

Console.WriteLine("nama anda adalah =" + namaanda);
Console.WriteLine("Ideal Beratbadan = " + Beratbadan);



Console.ReadLine();
}
}
}

ini programnya:

C++:


#include <iostream>
#include <cstdlib>
using namespace std;

int main()
{

char namaanda[100];
int Tinggibadan;
int Beratbadan;



std::cout<<"\n"<<"         ===Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita===     ";

std::cout<<"\n"<<"Masukkan nama dosen :";
cin>>namaanda;

std::cout<<"\n"<<"Inputkan Tinggibadan :  ";
cin>>Tinggibadan;


std::cout<<"\n"<<"Inputkan Beratbadan : ";
cin>>Beratbadan;


Beratbadan= Tinggibadan - 100;

if (Beratbadan > 50)//kondisi
{
std::cout<<"\n"<<"Tidak Ideal";//statement 1
}
else
{
std::cout<<"\n"<<"Ideal";//statement 2
}

std::cout<<"nama anda adalah " << namaanda<<endl;
std::cout<<"Ideal Beratbadan  " << Beratbadan<<endl;

system("pause");
return 0;
}

ini programnya:

JAVA:


package flowcontrolpart1;
import java.util.Scanner;


public class Main {


public static void main(String[] args) {
Scanner inp= new Scanner(System.in);

String namaanda;
int Tinggibadan;
int Beratbadan;



System.out.println("         ===Menghitung Berat Badan Ideal Pada Wanita===     ");

System.out.println("masukkan nama anda=");
namaanda= inp.next();

System.out.println("Inputkan Tinggibadan = ");
Tinggibadan = inp.nextInt();


System.out.println("Inputkan Beratbadan = ");
Beratbadan = inp.nextInt();


Beratbadan= Tinggibadan - 100;

if (Beratbadan > 50)//kondisi
{
System.out.println("Tidak Ideal");//statement 1
}
else
{
System.out.println("Ideal");//statement 2
}

System.out.println("nama anda adalah =" + namaanda);
System.out.println("Ideal Beratbadan = " + Beratbadan);



}

}

programnya ini:

ini wes programnya,kamu sekalian bisa belajar dan memahami…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s