Syntax Dasar OOP1

Syntax Dasar OOP

 ( Object Oriented Programming )

Macam – macam bahasa pemrograman terdiri dari beberapa bahasa yang berorientasi Object diantaranya adalah Object Oriented Berbasis Java dan Object Oriented Berbasis Viasual Basic. Berikut Penjelasan Masing – Masing :

  1. A.   JAVA

Java  Merupakan salah satu bahasa pemrograman yang berorientasi objek. OOP Atau Object Oriented Programing Adalah merupakan  model  pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam  model pemrograman  ini dibungkus dalam objek. Bandingkan dengan logika pemrograman  terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya. Model pemrograman ini merupakan model pemrograman yang mudah untuk dikembangkan dan di maintenance.

Ada berbagai macam konsep yang dipakai dalam model pemrograman berbasis OOP diantaranya : Kelas, Objek, Abstrak, Polimorfisme, Enkapsulasi Dalam kesempatan ini kita akan pelajari Kelas, Objek serta beberapa macam akses modifier.

  1. Kelas

Kelas adalah sekumpulan data dan fungi dalam satu kesatuan untuk tujuan tertentu. Dalam contoh misalnya ada kelas “pensil” dimana kelas pensil ini merupakan turunan dari kelas alat_tulis, perhatikan kode berikut :


public class alat_tulis{protected String nama;protected String merek};

String nama(String nm){

nama=nm;

return nama;

}

String merek(String mrk){

merek=mrk;

return merek;

}

}

public class pensil extends alat_tulis{String harga;String harga(String hrg){

harga=hrg;

return harga;

}

public static void main (String[]args) {

pensil pl=new pensil();

pl.nama=”Pensil”;

pl.merek=”Standart”;

pl.harga=”5000″;

System.out.println(“Nama “+pl.nama);

System.out.println(“Merek “+pl.merek);

System.out.println(“Harga “+pl.harga);

}

}

Dari Kode tersebut bias anda lihat kelas pensil bias memberikan nilai pada nama, merek padahal didalam kelas tersebut tidak mempunyai variabel itu, hal ini dikarenakan kelas pensil tersebut merupakan kelas turunan dari kelas alat tulis.

  1.  Objek

Objek bisa kita ibaratkan sebagai pembungkus suatu fungsi,data yang ada dalam pemrograman berorientasi objek. Contohnya adalah setiap komponen, variabel, fungsi di dalam java selalu diwakili oleh sebuah objek, perhatikan kode berikut :

Variabel         : int[]angka=new int[5] è angka merupakan objek variabel

Kelas             : pensil pl =newm pensil(); è pl merupakan objek kelas

  1. Akses Modifier

Akses modifier merupakan hak akses yang diberikan kepada data/variabel, fungsi atau kelas dalam pemrograman berorientasi objek. Ada beberapa macam akses modifier yang harus anda ketahui diantaranya :

Public      : Akses modifier yang mengijinkan semua kelas mengakses            var,fungsi yang memliki tipe akses modifier ini.

Private     : Akses modifier yang  hanya bias diakses dalam satu kelas

Protected : Akses modifier yang  hanya mengijinkan kelas turunan untuk mengakses var,fungsi yang memliki tipe akses modifier ini.

Static       : Bukan akses modifier, Sebuah variabel atau fungsi yang mempunyai nilai kembalian yang nilaix akan tetap terjaga selama tidak ada perubahan nilai dalam variabel, dan fungsi tersebut selama aplikasi berjalan.


public class alat_tulis

{

static private String info=”Informasi Alat Tulis”;

protected String nama;

protected String merek;

String nama(String nm){

nama=nm;

return nama;

}

String merek(String mrk){

merek=mrk;

return merek;

}

}public class pensil extends alat_tulis{

String harga;

String harga(String hrg){

harga=hrg;

return harga;

}

public static void main (String[]args){

pensil pl=new pensil();

pl.nama(“Pensil”);

pl.merek(“Standart”);

pl.harga(“5000″);

System.out.println(“Nama “+pl.info);// Menampilkan variabel Static

System.out.println(“Nama “+pl.nama);

System.out.println(“Merek “+pl.merek);

System.out.println(“Harga “+pl.harga);

}

}

Dari contoh diatas jika anda runnig programnya maka variabel info di kelas alat_tulis tidak dapat diakses oleh kelas pensil, karena variabel tersebut mempunyai akses modifier private.

ni baru program yang aku bikin buat kamu liat ma pahami,ok:

ini dia program yang di buat dengan menggunakan C#:

 using System;

namespace syntax_dasar_part1
 {
 class Program
 {
 public static void Main(string[] args)
 {

int jumlahdetik = 0;
 int jam = 0;
 int menit = 0;
 int detik = 0;

Console.WriteLine("             Menghitung Besaran Jam Menit Detik");

Console.Write("Masukkan Besaran jumlah detik = ");
 jumlahdetik = Convert.ToInt32(Console.ReadLine());

jam = (jumlahdetik / 3600);
 menit = (jumlahdetik % 3600) / 60;
 detik = (jumlahdetik % 3600) % 60;

Console.WriteLine("Hasil Penghitungan jam = {0} "+ jam);
 Console.WriteLine("Hasil Penghitungan menit = {0} "+ menit);
 Console.WriteLine("Hasil Penghitungan detik = {0} "+ detik);

Console.Write("Press any key to continue . . . ");
 Console.ReadKey(true);
 }
 }
 }

ini hasilnya, Coba perhatikan baik-baik ya:

yang ini saya terjemahkan juga ke dalam bentuk bahasa C++:


#include <iostream>
 #include <cstdlib>
 using namespace std;

int main()
 {

int jumlahdetik = 0;
 int jam = 0;
 int menit = 0;
 int detik = 0;

std::cout<<"\n"<<"             Menghitung Besaran Jam Menit Detik";

std::cout<<"\n"<<"Masukkan Besaran jumlah detik :";
 cin>>jumlahdetik;

jam = (jumlahdetik / 3600);
 menit = (jumlahdetik % 3600) / 60;
 detik = (jumlahdetik % 3600) % 60;

std::cout<<"Hasil Penghitungan jam  {0} "<< jam<<endl;
 std::cout<<"Hasil Penghitungan menit  {0} "<< menit<<endl;
 std::cout<<"Hasil Penghitungan detik = {0} "<< detik<<endl;

system("pause");
 return 0;
 }

ini hasil debugnya:

klu yang ini baru namanya program aplikasi yang menggunakan bahasa pemograman JAVA:


package syntax_dasar_part1;
 import java.util.Scanner;

public class Main {

public static void main(String[] args) {
 Scanner inp= new Scanner(System.in);

int jumlahdetik = 0;
 int jam = 0;
 int menit = 0;
 int detik = 0;

System.out.println("  Menghitung Besaran Jam Menit Detik");System.out.println("Masukkan Besaran jumlah detik = ");
 jumlahdetik = inp.nextInt();

jam = (jumlahdetik / 3600);
 menit = (jumlahdetik % 3600) / 60;
 detik = (jumlahdetik % 3600) % 60;

System.out.println("Hasil Penghitungan jam = {0} "+ jam);
 System.out.println("Hasil Penghitungan menit = {0} "+ menit);
 System.out.println("Hasil Penghitungan detik = {0} "+ detik);
 }
<h3>}</h3>

dan ini hasil debugnya,liaten ya… 😀

nah….itu deh penjelasan sama programNya yang aku buat,laen kali aku buat lg Yacch ,ok……!!!  ^_^

One response to “Syntax Dasar OOP1

  1. wahh kk yg satu ini udh hebat bngt di dunia programming ..
    gmna kk supaya paham sama dunia programming ?
    saya masih kuliah semester 2 baru paham Decision aja .. sdngkan untuk loop for & while sudah agak paham konsepnya,tpi codingnya aja yg kurang paham .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s