4. Inheritance

Inheritance

4

Inheritance adalah salah satu konsep utama dalam Pemrograman Berorientasi Objek. Inheritance memperbolehkan penggunaan kembali kode-kode yang ada pada Base Class nya untuk diturunkan pada Derived Class.

Inheritance = Pewarisan , Mewariskan objek yang dimiliki ke pada objek yang diturunkan , bersifatmenyeluruh.

Inheritance adalah pewarisan sifat dari superclass ke subclass, yang mewarisi attribute dan method yang masih sejenis beserta attribute dan method tambahan yang merupakan sifat khusus subclass. Misalnya class sapi adalah hewan bertulang belakang / vertebrata yang merupakan mamalia pemakan tumbuhan / herbivora.

Keuntungan dari inheritance adalah programmer dapat menggunakan coding dari superclass yang nantinyan digunakan secara berulang ulang pada subclass tanpa harus menulisnya berulang kali juga.

Inheritance ini diawali dengan mendefinisikan superclass, dari itu dapat membuat object yang berdasarkan superclassnya. Sehingga akan terbentuk subclass yang  mana setiab object subclass dapat mengakses semua data dan program yang dimiliki superclass.

Inheritance (pewarisan) adalah proses pembentukan satu class baru dari class lainnya.Dengan memanfaatkan inheritance kode yang kita buat bisa digunakan lagi pada aplikasi lain maupun pada aplikasi itu sendiri, sehingga kita tidak perlu susuah2 menuliskan lagi.
Class baru disebut Derived Class sedangkan class awal disebut Based Class.
untuk penjelasan pewarisan sudah cukup ya , langsung aja ke contoh program
Inheritance di csharp
Kelas yang mewarirkan biasa di sebut super class / class induk
Kelas yang diwariskan biasa di sebut sub class / kelas anak.
Secara lebih singkat begini :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg .
Ini merupakan inheritance terhadap A kepada B , dan inheritance bukan hanya dapat 1x diwariskan , tetapi dapat lebih dari 1x. seperti berikut :
A sebagai Ayah memiliki Anak bernama B , A berkulit Hitam maka B akan berkulit Hitam jg . dan B pun memiliki anak C maka C pun akan berkulit hitam
Keuntungan dari inheritance :
– Tidak perlu mendefinisikan Variabel Bila membutuhkan , Cukup menurunkan dari class induk
– Memudahkan dan Mempercepat pemprogramman , mengurangi Code
Contoh Program dalam 3 Bahasa :
</pre>
</div>
<div>using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace OOP2_Widy_Inheritance
{

class pewaris
{
//private string var1 = "Demo Pewarisan";
public String jawab ="Dua Anak Cukup";
public pewaris () {
}
public void cetakData() {
}
}
class diwarisi : pewaris {
public diwarisi() {
}
public void cetak() {
cetakData();
}
}
class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
diwarisi anak = new diwarisi();
anak.cetak();
anak.cetakData();
Console.WriteLine("             Program KB");
Console.WriteLine("");
Console.WriteLine("Berapa anak yang ideal=  " +anak.jawab);
Console.ReadKey(true);
}
}

}</div>
<div>
Hasilnya Sebagai Berikut :
Capture2.1
Selanjutnya Yang saya akan buat adalah Program Dlam Bentuk C++ :
</pre>
</div>
<div>#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;
class pewaris {
private : string var1;
public : string jawab;
public : pewaris() {
jawab = "Dua Anak Cukup";
}
public : void cetakData() {
}
};
class diwarisi : public pewaris {
public : diwarisi() {
}
public : void cetak() {
cetakData();
}
};
int main(void) {
diwarisi anak;
anak.cetak();
anak.cetakData();
cout << "          Program KB" << endl;
cout << "Berapa anak yang ideal = " << anak.jawab << endl;
system("PAUSE");
}
Hasilnya Seperti ini:
Capture2.2
Dan yang terakhir yang akan saya bahas adalah mengenai Program yang menggunakan Bahasa Java :
</div>
<div>package oop2_widy1_inheritance;

class pewaris {
public String jawab = "Dua Anak Cukup";
public pewaris () {
}
public void cetakData(){
}
}
class diwarisi extends pewaris {
public diwarisi() {
}
public void cetak() {
cetakData();
}
}
public class Main {

public static void main(String[] args) {
diwarisi Anak = new diwarisi();
Anak.cetak();
Anak.cetakData();
System.out.println("             Program KB");
System.out.println("Berapa anak yang ideal=" +Anak.jawab);
}

}</div>
<div>
Hasilnya Adalah Seperti ini :
Capture2.3

6 responses to “4. Inheritance

  1. wah.. pnter bgt program mbk… salut saya

  2. Ajarin program donk mbk yuu

  3. cool. hopefully more clever

  4. pintebgt sih widy

  5. Siiippztttt!!!!!

  6. tolong dibantu donk mbk, gmana caranya biar codingnya itu bisa tampil kyk punya mbk…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s