1.Class, Method, Identifier

7Pada pemrograman berorientasi objek terdapat dua istilah yang sangat terkenal yaitu kelas dan objek. Kelas dapat dianalogikan sebagai cetakan dari sebuah benda (objek), sedangkan objek adalah benda/hasil produksi dari cetakan tersebut. Atribut adalah keadaan yang dimiliki oleh objek.

Class

Kelas pada JAVA didefinisikan dengan menggunakan kata kunci class. Bentuk umum dari deklarasi kelas pada JAVA adalah :


[modifier1]class NamaKelas [modifier2]{

Class body;

}

Method

method adalah apa-apa yang menurut subjek harus dapat dilakukan objek.

Method digunakan untuk memodularisasi program melalui pemisahan satu tugas menjadi satu unit tersendiri. Bentuk umum dari deklarasi method pada JAVA adalah :


[modifier1] tipeNilaiKembalian namaMethod (parameter input) {

Method body;

}

Constructor

Constructor merupakan method yang namanya sama dengan nama kelas dimana method itu berada. Constructor digunakan untuk menginisialisasi nilai awal (memberikan nilai default) pada atribut yang dimiliki oleh satu objek saat objek itu pertama kali dibuat.

Modifier

Modifier adalah sifat yang dimiliki oleh setiap atribut, method maupun kelas dalam JAVA. Modifier akses adalah modifier yang selalu digunakan, modifier akses terdiri dari private, default, protected, dan public.

Capture0

Beberapa modifier penting lainnya :

a. Static yaitu modifier yang digunakan agar suatu atribut maupun method dapat diakses oleh objek atau kelas lain meski tanpa dilakukan instansiasi terhadap kelas dimana atribut maupun method itu berada, method main adalah salah satu contoh method modifier static yang sering digunakan.

b. Final yaitu modifier yang digunakan untuk mencegah kemungkinan modifikasi terhadap atribut mapun method, dengan modifier ini suatu atribut akan berlaku sebagai konstanta.

c. Object

Sebuah kelas dapat digunakan untuk membuat banyak objek, setiap objek dapat diperlakukan secara berbeda oleh objek-objek lain yang menggunakannya. Dibutuhkan operator new untuk membuat objek dari suatu kelas.

Objek dibuat dengan cara menuliskan :

1.      <b>NamaKelas NamaObjek = new NamaConstructor();</b>

2.      <b>NamaKelas NamaObjek;</b>

<b>NamaObjek = new NamaConstructor();</b>

            Proses diatas disebut instansiasi. Ketika objek selesai dibuat, objek tersebut disimpan di dalam memori dan dapat diakses oleh objek-objek lain melalui nama objeknya.

Class, Method dan Identifier di Java, C# dan C++ || OOP

class_method_identifier

Class adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi, artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil. Setiap method yang menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.

Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,pemanggilan method, pendefinisian return value type, dsb adalah sama.

Identifier

overview-2
Aturan pemberian nama suatu pengenal/identifier :
• nama pengenal harus dimulai dengan karakter berupa huruf (a…z, A…Z)
atau karakter garis bawah ( _ )

• karakter berikutnya dapat berupa huruf, angka (0…9) atau karakter garis
bawah ( _ )

• tidak boleh sama denga reserverd word (nama – nama yang sudah
digunakan dalam bahasa C++) seperti char, int, float, double, void, dll.

• panjang karakter maksimum adalah 32 karakter

• bersifat case sensitive (huruf besar dan huruf kecil dibedakan)

Identifier

Dalam pemrograman Java identifier adalah suatu nama yang digunakan untuk menyatakan variabel, konstanta, class, method. Untuk membuat nama identifier perlu memperhatikan hal-hal berikut:

  1. Membedakan huruf besar dan huruf kecil (case sensitive).
  2. Nama identifier bisa terdiri dari satu atau beberapa karakter yang terdiri dari angka (0 – 9), huruf (A – Z, a – z), dollar ($), garis-bawah/underscore(_).
  3. Penamaan identifier harus dimulai dengan huruf, underscore(_), atau karakter dollar ($). Tidak boleh dimulai dengan angka.
  4. Simbol-simbol operator seperti (*), (+), (/), (-) tidak boleh digunakan.
  5. Dalam penamaan identifier tidak boleh menggunakan spasi.
  6. Tidak diperbolehkan menggunakan Kata-kata keyword dalam java (misalnya: public, class, static, dsb).
  7. Panjang nama identifier tidak dibatasi.

Beberapa contoh penamaan identifier yang benar:
Nama
$Nama
NamaSiswa
NomorInduk
namaSiswa
nomorInduk
nama_siswa
nomor_induk

beberapa contoh penamaan identifier yang salah:
1Nama
/NomorInduk
Nama Siswa

Keyword (kunci) adalah kata-kata khusus dalam Java yang digunakan untuk pemrograman. Berikut adalah keyword yang digunakan dalam bahasa pemrograman Java:

Barikut ini dia contoh dari Program penggabungan Class, Method, dan Modifier

ini Contoh dalam Bentuk “cSharp (C#)


using System;
 using System.Collections.Generic;
 using System.Linq;
 using System.Text;

 namespace OOP2_Widy_Classmethodidentifier
 {
 class menghitung {
 public byte kali(byte a, byte b) {
 byte c = (byte)(a * b);
 return c;
 }
 public void hasil(string comment, byte e) {
 Console.WriteLine();
 Console.WriteLine("{0} {1}", comment, e);
 }
 }
 class Program {
 public static byte nilai(string yes) {
 byte i = 0;
 Console.Write(yes);
 i = Convert.ToByte(Console.ReadLine());
 return i;
 }
 static void Main(string[] args) {
 menghitung proses = new menghitung();
 byte a, b, c;
 a = nilai("masukkan nilai 1 : ");
 b = nilai("masukkan nilai 2 : ");
 c = proses.kali(a, b);
 proses.hasil("Hasil Perkalian : ", c);
 Console.ReadKey(true);
 }
 }

 }

Nah, maka hasilnya akan seperti ini :

Capture1.1

Contoh berikutnya adlah Program dengan menggunakan bahasa Pemograman C++ :

#include <iostream>

#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;
class menghitung {
public:
int kali(int a, int b) {
int c = a * b;
return c;
}
void hasil(int d) {
cout << endl;
cout << "Hasil Perkalian: " << d << endl;
}
};
int nilai() {
int i = 0;
cout << "Inputkan nilai : ";
cin >> i;
return i;
}
int main(int argc, char *argv[])
{
menghitung proses;
int a, b, c;
a = nilai();
b = nilai();
c = proses.kali()(a, b);
proses.hasil(c);
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

Hasilnya adlah sebgai berikut :

 Capture1.2
Nah Setelah ini berlanjut ke Program Java :


/*
* To change this template, choose Tools | Templates
* and open the template in the editor.
*/

package oop_widy_classmethodidentifier;

import java.util.Scanner;
class menghitung {
public static Scanner input = new Scanner(System.in);
public byte kali(byte a, byte b) {
byte c = (byte)(a * b);
return c;
}
public void hasil(String comment, byte d) {
System.out.println();
System.out.printf(comment);
System.out.print(d);
}
}
public class Main {
public static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static byte nilai(String yes) {
byte i = 0;
System.out.print(yes);
i = input.nextByte();
return i;
}

public static void main(String[] args) {
menghitung proses = new menghitung();
byte a, b, c;
a = nilai("inputkan nilai satu : ");
b = nilai("inputkan nilai dua   : ");
c = proses.kali (a, b);
proses.hasil("Hasil Perkalian : ", c);
}
}

Hasilnya Seperti Ini :
Capture1.3

7 responses to “1.Class, Method, Identifier

  1. ini Tugas buat smestr brpa y mbk?

  2. wah. coba lbih di simple kn mbk.. misa ada download’annya. shngga bgi tmn2 yg ingin share ato copas bisa lebih mudah mbk

  3. Lengkap skli mbk, smua cntok bhsa ada.. hanya yg kurag bhasa C aja🙂 hehe

  4. wahhh…!! cukup Mmbantu skali mbk

  5. Baguus nihh… mksiih info programx mbk.. cukup mmbantu skali

  6. Kereeeennnn Abiiiissss!!!!!!!

  7. makasih… sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s